Sabtu, 09 Juni 2012

Membaca Ekstensif

Salam Sahabat....
Teriring salam untuk sahabat pengunjung blog kecil saya, semoga senantiasa sehat dan tetap semangat. Baiklah, sesuai judul, kali ini saya mau berbagi sedikit pengetahuan tentang membaca ekstensif. 

Membaca ekstensif adalah membaca secara luas. Objeknya meliputi sebanyak mungkin teks bacaan dalam waktu sesingkat mungkin. 
Membaca ekstensif bertujuan untuk memahami  isi penting dari sebuah bacaan dengan cara cepat dan efisien. Kegiatan membaca ekstensif ini meliputi:

1. Membaca survei (survey reading)
membaca survei dilakukan untuk meneliti terlebih dahulu hal-hal yang akan kita pelajari. Kita mensurvei bahan bacaan tersebut dengan cara memeriksa, meneliti judul-judul bab, bagan, skema, indeks, dan daftar kata-kata yang terdapat dalam buku.

2. Membaca sekilas (skimming)
membaca sekilas adalah kegiatan membaca yang membuat mata kita bergerak cepat, memperhatikan bahan tertulis untuk mencari serta mendapatkan informasi tertentu yang ingin kita peroleh. Hal ini dilakukan dengan melangkahi beberapa kata untuk menemukan sebuah kata atau informasi yang ingin kita temukan. Membaca sekilas ini biasanya dilakukan saat membaca kamus atau membaca buku telepon.

3. dangkal (superficial reading)
Adapun membaca dangkal bertujuan memperoleh pemahaman yang dangkal yang bersifat luaran dan tidak mendalam dari suatu bacaan.

Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan membaca ekstensif:
  • Hindari gerakan kepala ke kiri dan ke kanan saat membaca sebuah tulisan, cukup "ekor mata" saja yang bergerak mengikuti untaian kata demi kata atau baris demi baris di tiap halaman buku yang Anda baca.
  • Tidak perlu menunjuk bacaan dengan telunjuk ataupun benda lainnya.
  • Jangan mengeja kata demi kata, gunakanlah kata sebagai "jembatan" untuk menangkap makna sebuah kalimat.
  • Berkonsentrasilah pada bacaan.
  • Upayakan secepat mungkin menemukan pokok-pokok pikiran dalam bacaan tersebut.
Baiklah, demikian saja artikel singkat kali ini, dan semoga tulisan singkat ini bisa mendatangkan manfaat untuk kita semua. 
Wassalam....



1 komentar: