Rabu, 06 Juni 2012

Pengertian Poster

Salam Sahabat....
Sahabat tentu sering dan bahkan mungkin setiap hari melihat sebuah gambar yang berukuran tidak biasa dan disertai tulisan-tulisan yang bersifat persuasif di berbagai sudut jalan atau di tempat strategis lainnya. Baik itu berupa produk-produk sebuah perusahaan tertentu, ataupun sekedar himbauan akan sesuatu hal. Ya, itulah yang disebut dengan poster atau plakat. Sebenarnya, apa sih pengertian dari poster atau plakat itu?
Poster atau plakat adalah surat pengumuman yang ditempelkan di dinding, pohon atau tempat tertentu. Adapun bahan pembuatan poster itu sendiri bisa terbuat dari kertas, karton, atau bisa juga dari seng dan lain sebagainya. Poster biasanya dibuat dengan ukuran besar. Hal ini bertujuan agar bisa jelas terlihat walau dari jarak yang cukup jauh. Agar terlihat menarik dan mampu menarik perhatian khalayak ramai untuk melihat dan membaca sebuah poster, maka poster tersebut biasanya dibuat dengan menggabungkan unsur tulisan dan gambar. Tulisan dan gambar tersebut dibuat semenarik mungkin dengan menggunakan ukuran gambar yang besar serta pilihan warna pada tulisan yang biasanya mencolok.
Isi poster bisa merupakan iklan dari sebuah perusahaan yang dimaksudkan untuk mempromosikan atau memperkenalkan produk-produk terbaru dari perusahaan tersebut. Bukan itu saja, poster juga bisa digunakan untuk penyampaian suatu kegiatan ataupun even-even tertentu yang dirasa perlu diketahui oleh orang banyak. Seperti akan dilaksanakannya even tahunan pada daerah tertentu, dan bisa juga digunakan oleh pemerintah atau instansi tertentu untuk mengajak dan menghimbau masyarakat di daerah tersebut untuk melakukan sesuatu, misalnya mengajak untuk melestarikan lingkungan, menjaga kebersihan lingkungan, ataupun himbauan untuk anak untuk memanfaatkan jam belajar nya, dan lain sebagainya.
Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah poster antara lain:

  1. Merumuskan gagasan dan tujuan yang ingin dicapai
  2. Menuliskan gagasan tersebut dengan menggunakan bahasa yang jelas, memikat serta efektif. Adapun ciri-ciri kalimat efektif bisa sahabat lihat di sini 
  3. Gunakanlah kata-kata yang mudah dimengerti dan menimbulkan konotasi yang baik terhadap isi gagasan
  4. Tulisan tersebut harus mudah dibaca, dengan ukuran yang tidak terlalu kecil dan haruslah menarik perhatian
  5. Gunakan gambar-gambar yang menggunakan warna yang memikat publik, dan tentunya gambar tersebut haruslah sesuai dengan gagasan yang diangkat.
  6. Tempatkan poster tersebut di tempat yang banyak dilalui orang dan pilih tempat yang strategis.
Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Wassalam....




Tidak ada komentar:

Posting Komentar